Kiat Sukses Menangani Kemarahan Anda

 perempuan Indonesia

Kiat Sukses Menangani Kemarahan Anda


Bila anda naik darah, berusaha untuk bersikap tenang memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah. namun ini tetap perlu dilakukan, agar anda dapat menjernihkan pikiran dan menyampaikan kemarahan dengan efektif. daripada buang energi sia-sia maka tidak salahnya anda mempraktekan langkah-langkah berikut ini Kiat Sukses Menangani Kemarahan Anda:


Inilah hal-hal yang harus dilakukan pada saat anda marah

1. Samakan dulu persepsi anda dengan orang yang jelas akan anda marahi. jelaskan landasan atau pandangan atas persoalan yang bisa membuat anda marah. Sebutkan alasan anda, siapa yang mau anda marahi dengan alsan yang tidak jelas?

2. Jangan asal saja melontarkan kemarah. Ini mungkin menjadi masalah yang besar buat anda yang susah menahan kemarahan atau terbiasa marah berkepanjangan.

Untuk menghindarinya, lakukan hal-hal berikut ini :

- Pertahankan aga suara anda tetap rendah
- Tarik nafas anda dalam-dalam
- Minumlah air dingin dan jika anda orang muslim ada baiknya anda berwudhu
- Endapkan dulu kemarahan anda semalam saja, jika anda ingin marah-marah malam ini, ada baiknya di tunggu besok aja. Karena siapa tahu kondisi anda sudah normal kembali dan mampu berfikir objektif kembali. Cara ini tanpa sengaja sudah bisa mengontrol emosi secara berlahan dan bertahap.

3. Ada baiknya salurkan kemarahan anda dengan berdo'a, mendengarkan musik, menoton TV maupun membaca sesuatu.
Setelah suasana kembali normal barulah anda menger orang tersebut dan jangan main semprot seenak saja.

4. Tidak ada salahnya mencoba mengenali latar belakang orang yang akan anda marahi, antar lain latar belakang budaya dan adatnya.

Bila anda mengenal orang tersebut secara pribadi amak akan lebih bagus lagi. Ingatlah setiap individu punya karakter atau pembawaan sendiri. Perhatikan sikon dan lontarkan jangan di depan umum karena akan merugikan anda dan menurunkan harga diri orang itu, tegurlah empat mata saja.