Inilah Bahayanya Meluruskan Rambut

Obat pelurus rambut, obat smoothing, catok, bahan kimia, rambut lurus


Inilah Bahayanya Meluruskan Rambut - Pelurusan rambut sepertinya akan selalu menjadi trends sampai akhir jaman ya,,, bahkan saya sendiri juga sekali meluruskan rambut, entah itu di salon ataupun di rumah gantian sama sepupu, Karena rambut saya panjang dan malas curlin' jadi lebih ringkasnya ya pelurusan saja. Namun ada hal yang bikin saya ngeri juga ya, saat tadi baca sebuah harian surat kabar dan disana disebutkan jika kita perlu waspada dengan yang namanya pelurusan ambut. Bukan catoknya ya,,,kalo catoknya sich sekarang bisa kita akalon dengan beli catok yang ada steamnya mirip banget rambut kita yang mau di setrika, kali ini surat kabar itu menyebutkan tentang bahanya produk pelurusan.


Kabarnya di Amerika telah diperingatkan bahaya tersebut, bahwa produk pelurus rambut itu menggunakan formaldehyde yaitu sebuah bahan kimia yang membantu keratin rambut untuk menjadikan rambut kita lurus. Emang apa sich Formaldehyde???


Formaldehyde ini sejak lama diidentifikasi sebagai bahan karsinogenik di banyak negara. Selain dalam produk pelurus rambut, zat kimia ini dalam berbagai level juga ditemukan pada produk smoothing (pelurusan dan pelembutan rambut), meski dalam kemasannya tertulis "bebas Formaldehyde".


Peringatan bahaya produk pelurusan rambut ini dikeluarkan OSHA menyusul laporan dari para pekerja salon yang mengeluhkan berbagai reaksi alergi, seperti iritasi mata dan mimisan. Beberapa konsumen juga melaporkan efek samping rambut rontok, gatal-gatal serta kulit kepala melepuh.


Teknik pelurusan rambut yang disebut dengan Brazilian Blowout menjadi fokus perhatian OSHA karena teknik sekaligus merek produk ini sedang ngetren di Amerika. Produk ini pertama kali muncul di Brazil tahun 2005 dan terus menyebar ke seluruh Amerika Utara dan Eropa. Beberapa selebriti Hollywood juga didapuk menjadi jurubicara produk ini.


Produk tersebut mengklaim hasil rambut lurus dan lembut yang bisa bertahan hingga 3 bulan. Teknik Brazilian Blowout menggabungkan antara panas dari hair-dryer dan catok rambut untuk meluruskan rambut yang sudah diberi produk pelurus rambut. Asap formaldehyde yang terlepas ke udara bisa terhirup oleh orang di ruangan yang sama.


Dalam rekomendasinya OSHA menyarakankan para pemilik salon untuk menggunakan produk yang bebas formaldehyde, methylene glycol, formalin, methylene oxide, paraform, formic aldehyde, metahanl, oxomethane dan oxymethylene. Sayangnya tidak mudah mengenali bahan-bahan kimia tersebut karena seringkali tidak tercantum dalam kemasannya.


Selain di Amerika, pemerintah Kanada juga memperingatkan warganya akan bahaya Brazilian Blowout dan mulai menarik produk ini dari pasaran.


Kalau sudah begini bagaimana kita para wanita menyikapinya???? Mungkin kita harus lebih "Pemilih" jika pergi ke Salon, jangan tergiur dengan harga discount untuk perawatan kita, yang ada bukannya rambut kita bagus tapi malah kulit kepala kita yang melepuh...Ngeri ga sich???