Etika Dalam Memberikan Komentar

 Etika perempuan, etika, wanita, komentar

Etika Dalam Memberikan Komentar

Coba anda hitung berapa kali anda memberikan komentar yang muncul dari mulut anda saat menyaksikan sebuah acara . Contohnya saat ada adegan di Take Me Out yang mana yang cantik malah tidak terpilih? Anda akan sangat terkejut sekali apabila anda menyuruh orang lain menghitungnya. lantas apa komentar anda asal-asalan???


jawabannya pasti 100% " Ya", kalau anda bukan pakar dari bidang itu saya pastikan komentar anda yang baik disertai dengan data dan analisis yang tajam,


Semakin akurat datanya, maka akan semakin objektif pula pandangan anda, begitu pula dengan opini anda. Jadi pada dasarnya anda harus berhati hati dengan komentar anda. Jangan komentar serampangan kalau anda tidak ini di bilang " Sok Tahu"


" Sebelum Memberikan komentar, Sebaiknya anda bercermin dahulu "


Inilah pepatah yang pas untuk anda semuanya, baik itu wanita maupun laki-laki. Karena memberikan komentar adalah melempakan sebuah kritikan. Jadi ingatlah, sebelum berkomentar " tolong bercermin terlebih dahulu"


Apakah komentar anda terhadap orang lain itu sudah dilakukan kepada anda sendiri. Jangan dengan mudah mengomentari orang lain yang melanggar aturan, padahal anda juga sering melakukan hal yang sama.


Initinya adalah anda tetap boleh berkomenatr, asalkan suasanyanya memungkinkan dan memang ada hal tertentu yang masih menjadi pertanyaan. kalau memang ada sesuatu yang masih menggantung, anda memang perlu meminta sebuah penjelasan.


ETIKA BERKOMENTAR


1.Berhati-hatilah dalam memilih kata. Penggunaan bahasa yang kasar, entah itu melaui lisan maupun tulisan hanya akan merugikan anda sendiri, akrena akan berakibat anda akan salah dipahami mesti berniat baik.


2. Mungkin ada benarnya bahwa komentar atau kritik tertulis akan terasa lebih lunak. Tapi tunggu dulu!!! Ini sangat bergantung pada penguasaan penulisan anda. karena biasanya apabila anda sangat emosional, maka yang kata-kata yang tertuangpun akan sangat tajam. Jadi jangan memcoba jika anda tidak begitu menguasai bahasa dengan benar.


3. Tidak ada ruginya anda mulai sekarang belajar untuk mulai mengeluarkan komentar-komentar yang sopan dan elegan. dalam keadaan terdesak, sebaiknya tetap memberikan komentar denagn cermat dan tidak terkesan menyalahkan atau menyudutkan orang itu.


Ini memang bukan soal yang mudah, tapi jika anda belajar maka akan menghasilkan imbalan yang layak!!!




TIPS MENYIKAPI KOMENTAR




Apabila anda mendapatkan sebuah komentar yang tajam dan tidak mengenakkan, istilah orang jawa " koping panas", coba endapkan dahulu komentar itu. Periksa diri anda seobjektif mungkin, bisa saja kan komentar itu memang pantas buat anda. Artinya, kelemahan anda memang tersentil. Saran saya...Coba akui dengan besar hati, perbaiki kekurangan anda.


Memang benar kita menerima komentar dengan lapang dada atau tidak sangatlah bergantung dari budaya masing-masing  Tapi tidak menutup kemungkinan anda mau mengubahnya untuk kemajuan diri anda sendiri.