Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga

Sore ini jam 16.00 wib tepatnya setelah saya mandi sore dengan air hangat yang membuat badan terasa fresh lagi, akhirnya sempat juga nulis lagi tentang perempuan ya,,,Sudah pada tahu kan jikalau saya adlah ibu rumah tangga yang full stay at home, tepatnya setelah bulan November 2011 kemarin saya memutuskan menjadi seorang ibu rumah tangga karena hamil 7 bulan dan lagi, well saya ingin selamanya menajdi ibu rumah tangga.

Sebelumnya saya bukannya mau menjelek-jelekkan wanita karir yang sangat sibuk di luar sana, terus terang saya iri dengan mereka yang setiap hari bisa beraktivitas. Apalagi dilingkungan yang saya tinggali sekarang semuanya full wanita karir, entah itu seorang pembantu rumah tangga, ibu-ibu jualan di pasar, SPG, guru, bahkan juga yang bekerja di perkantoran. Semuanya ada di sini. Sedangkan saya apa??? Yuppp saya adalah hanya seorang ibu rumah tangga. Acap kali saya mengeluh pada suami yang tidak mengijinkan saya nantinya bekerja lagi diluar. Alasan klise bagi istri sich,,biar ga bosan dan dapat menambah penghasilan suami. Ya Allah kalo sudah begitu suami akan duduk termenung dan bertanya " Apakah penghasilan suamimu ini kurang sayang????" Kalo sudah begini bakalan klepek-klepek dech saya dibuatnya ,,,alhamdulillah dengan berpegang teguh pada agama, jiaka suami bilang A selama oleh agama diperbolehkan insyaallah saya akan patuhi. Dan untuk alasan bosan??? Hihihihi,,,dengan sigapnya suami memberikan saya laptop (mesti ada PC di rumah) akses internet speedy dan unlimited pergaulan di dunia maya (laki-laki atau perempuan), asalkan saya senang namun tetap balik lagi,, selama kita membatasi diri kita dan tahu diri bahwa kita punya tanggung jawab serta etika bergaul yang benar.


Untuk pergaulan di luar rumah suami menyarankan saya ikut tiba'an atau PKK yang ada di  kampung, selebihnya hubungan keluarga satu rumahlah yang menjadi landasan kita bergaul. Mungkin bagi anda suami saya diktator ya,,terlalu otoriter, namun bagi saya yang selama muda telah mengenyam dunia luar dengan sangat leluasa (orang tua sangat free sama anaknya) saya merasa sudah saatnya memang suami dan keluarga adalah nomer #1, pergaulan nomer kesekian. Dan saya juga menghormati pergaulan suami yang dulunya juga tanpa kekangan beliau dengan sangat legawa membatasi dirinya sendiri untuk kepentingan keluarga.

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga menurut Etika-wanita, antara lain:

  • Berbanggalah wahai wanita jikalau ditanya apa pekerjaan anda sekarang, karena orang yang meremehkan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga adalah orang yang lalai dan tidak mengetahui bahwa pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu lebih sulit daripada wanita karir, serta lebih mulia. Kita tidak akan mendapatkan masa kecil anak-anak kita lagi dikemudian hari dengan nilai gaji kita yang kita setarakan. Sedangkan karir di luar sana bisa kita capai kapanpun juga dan dimanapun juga, termasuk menjadi blogger ataupun penulis konten seperti saya ini.
  • Be more creative : Sebagai ibu rumah tangga kita diwajibkan untuk kreatif , selain mengurus rumah ada kalanya anda perlu memanjakan diri sendiri, gunanya supaya anda tidak bosan dan stress dengan rutinitas yang itu-itu saja.
  • Jangan tuntut anda untuk membersihkan rumah sepanjang hari, bermainlah dengan anak-anak anda serta bercanda dengan suami memberikan kebahagiaan tersendiri yang bahkan tidak akan dirasakan wanita saat menang Black Friday tas bermerek sekalipun.
  • Masaklah makanan yang simple dan hemat. Karena dengan anda berhemat bukan berarti mengencangkan ikat pinggang, namun memberikan kita kepuasan batin kebebasan serta menghindari pikiran anda dari kekurangan-kekurangan.
  • Siapkan bujed untuk weekend sederhana bersama keluarga